Selamat datang!!

Selamat Datang digubuk Rahmeen yang sederhana ini, Selamat membaca ^_^

Pilih Kategori

Rabu, 17 Juli 2013

Tips hidup irit dan sehat jadi anak kost

Hidup hemat mungkin wajib hukumnya bagi mereka yang merasakan hidup di perantauan. Dan sebagian besar orang yang hidup di perantauan memilih tinggal di kontrakan atau memilih indekost. Nah, untuk dapat 'survive' di perantauan, entah itu untuk kuliah, atau pun bekerja, maka perlu tips dan trik hidup hemat. Berikut silakan disimak infonya:

1. Makan
Makan, hal utama yang biasa jadi masalah anak kost, apalagi klo akhir bulan.. pada puasa dehh tuhh, hehe.. Padahal makan itu sumber energi buat kita..
Jangan di biasakan boros di awal bulan ... Ada tips buat masalah ini ... Langsung aja dehh..

a. Alat yang wajib ada, biar irit : kompor gas atau listrik kecil, ricecooker, penggorengan, spatula, dll, disesuaikan aja sama kebutuhan.

b. Bahan2 ini juga wajib, biasanya blanjanya bulanan : beras, minyak goreng/margarin, bumbu dapur (gula, garam, kecap, saus, dll).



c. Pas belanja bulanan, usahain beli buah.. beli aja satuan tapi banyak macemnya.. . Makan buah minimal seminggu 3x , yahh lumayan daripada engga sama sekali.

d. Yang doyan begadang, jangan beli kopi aja, setengahnya dibeliin sereal. jadi ga semuanya kopi. karena klo begadang perut kosong itu bahaya. minimal di ganjel pake sereal.

e. Usahakan porsi makan sehari 2x, pastinya masak nasi sendiri. kan bisa banyak tuhh.

f. Untuk lauknya, bisa masak mie, telur, martabak, bakwan, sosis, tahu, tempe, kentang, dll. sesuai selera. asalkan mau, pasti apa aja bisa di explore jadi makanan.

g. Puasa sunah senin-kamis (bagi yg muslim), tapi bener2 puasa, jangan "Puasa Makan" aja.  
2. Kebutuhan Lain

Yang ga kalah penting adalah mengenai kebutuhan2 lainnya. Nahh disini harus bisa membedakan mana sesuatu yg "diinginkan" dan yg "dibutuhkan".
a. Nabung , klo awal bulan dapet kiriman, ambil lahh sedikit buat di tabung, entah 20rbu, 50rbu, 100rbu atau 200rbu. Sesuaikan aja sama kebutuhan. Uang ini digunakan untuk keperluan yang mendadak . Misalkan biaya praktikum mendadak, motor turun mesin, dll.

b. Pergaulan nihh, jangan mentang2 irit, tapi di kostan aja.. wahh malah bahaya tuhh.. jadi orang cuper nanti. tapi jangan berlebihan juga gaulnya.. hehehe.. bergaulah dengan mengambil hal2 positif.
Banyak ko tempat nongkrong yg murah , tapi ga murahan juga, Hunting aja sama temen2 sambil sepedahan.

c. Pakaian, pakai aja yang masih bisa di pakai, klo memang butuh, baru cari yang baru, jangan shoping mulu kerjaannya.. (biasanya sista nihh ).
Trus klo cari pakaian cari yang murah, sekarang banyak ko yang jual murah, tapi ga murahan juga. Asal sesuai dengan tubuh trus juga PD makenya, pasti kliatan pas dan bagus. .

Tapi klo yg dalemin ilmu fashion mungkin punya penilaian tersendiri.

d. Olahraga juga .. Futsal, basket, dll.. atau bisa joging pagi/sore.  

Hehe... demikian tips sederhana semoga ada manfaatnya :)

1 komentar: